expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Thursday, September 14, 2017

Pengalaman Mengikuti Seleksi CAP BTPN



Corporate Aceleraton Program (CAP) adalah program percepatan karir seperti halnya Management Trainee (MT), ODP atau PPS, hanya saja memiliki sebutan yang berbeda-beda. Lebih jelasnya bise cek di website morethanajob.id. CAP BTPN memiliki alur seleksi yang cukup panjang, antara lain a) pendaftaran online, b) tes online game-based assesment, c), interview HRD, d) Business Head Interview e) Broad of Director Interview f.) Medical check up. Disini saya akan berbagi pengalaman proses seleksi yang saya ikuti.

1.      Pendaftaran Online (28 Juli 2017)
Pertama adalah pendaftaran online. Proses pendaftaran dilakukan di website morethaanjob.id, pada tahap ini seperti pendaftaran biasa, kita harus mengisi data diri ditambah membuat essay dalam Bahasa Inggris sebanyak 500-700 kata. Essay berisi tentang pencapaian apayang telah kita lakukan yang berdampak pada banyak orang serta apa rencana kedepan yang ingin kita lakukan yg berdampak positif bagi masyarakat luas. Disini saya menulis hal yang telah saya lakukan yang sekiranya menyangkut soal kepemimpinan dan dampak sosial. Untuk rencana kedepan, saya memilih untuk berandai jika saya lolos terpilih sebagai kandidat CAP maka saya ingin membuat program tertentu yang berdampak bagi nasabah bank. Proses pendaftaran  ini saya sumbit pada tanggal 28 Juli 2017.
2.      Tes Game Online (2 Agustus 2017)
Pada tanggal 2 Agustus sore, saya mendapat email dari Arctic Shore yang intinya saya lolos tahap awal dan diundang untuk mengerjakan tes online dalam waktu 3 hari setelah menerima email tsb. Hal yang berbeda mulai terasa disini karena tes online tersebut adalah main game. Well, tesnya adalah main game Cosmic Cadet dan Yellow Hook Reef. Game ini bisa ditemukan di playstore, cuman harus punya player key. Nah di email itu kita udah dikasih player key, jadi kita disuruh download app game itu dan masuk pake player key tsb. Tanpa player key, kita nggak bisa main, jadi nggak bisa latihan main game ini dulu heheh..


Cosmic Cadet adalah permainan dimana kita harus mengumpulkan bintang untuk setiap sesi permainannya. Yang pertama adalah menebak letak bintang di dalam kotak. Jika kita memilih kotak yang benar, kita bisa mengoleksi bintang, tapi jika sampai pilih zonk maka bintang yang kita kumpulkan hangus. Permainan berikutnya disuruh memilih dua bukit yang harus kita pecahkan, dimana salah satunya memiliki bintang yang lebih banyak. Kita bisa memilihnya berdasarkan analisa peluang yang tersedia di samping bukit tersebut. Selanjutnya, kita harus menghentikan jarum yang bergerak di tempat yang tepat sampai bisa mencapai level 20. Pada game ini, saya sampai mengulang puluhan kali karena sulitnya mencapai level 20, akhirnya saya submit sampai level 17. Permainan yang terakhir ini mengetes kecepatan respon, yaitu kita harus memilih apa makhluk yang muncul, antara alien kurus dan alien gemuk, hehe. Pada awalnya masih mudah, tapi semakin lama semakin cepat yang sering banget bisa salah pencet. Overall permainannya seru, nggak terlalu mikir tapi mungkin dia melihat dari aspek psikologis kita.
Yellow Hook Reef butuh mikir banget dan harus fokus. Inti permainannya adalah mengerjakan deret angka, memahami bacaan, dan satunya lagi lupa :D. All questions and instructions are in English, jadi harus benar-benar memahami instruksi dan pertanyaannya.
3.      Interview HR ( 12 September 2017)
Pada tanggal 6 September siang saya mendapat email pemberitahuan jadwal Interview dengan HR dan dokumen-dokumen yang harus dikirimkan. Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum sesi interview yang dilaksanakan lewat Video Call. This was my first time having interview via video call, so I quite nervous at that time. Selain harus mengirim scan dokumen persyaratan, kita juga harus melakukan observasi. Observasinya yaitu memilih diantara 2 produk terbaru BTPN, yakni BTPN Wow! dan Jenius, yang merurut saya benar-benar suatu terobosan unik hehe. Jadi kita dikasih alamat agen-agen produk tersebut yang tersebar di seluruh Indonesia dan ya kita bisa memilih agen yang ada di area kita untuk melakukan observasi. Hasil observasi akan ditanyakan pada saat sesi interview nanti.

Tanggal 12 September tepat jam 10.30 siang saya mendapat panggilan video via Whatsapp dan diinterview oleh salah seorang HRD. Ada waktu 1,5 jam yang disediakan, yaitu setengah jam untuk laporan observasi dan 1 jam untuk wawancara. Pertanyaan seputar observasi seperti observasi kemana aja, hasilnya gimana, pendapat kita tentang program itu gmn, dst. Buat interview 1 jam itu seperti interview biasa seperti ceritakan tentang diri Anda, keluarga, pengalaman, dll. Setelah selesai interview dengan HRD masih ada dua kali lagi interview di Jakarta dan tahap terakhir medical check-up. 

Setelah sekitar satu minggu, akhirnya tanggal 18 Agustus 2017 saya dapet email kalo pass the HR interview, dan prepare buat next interview sekitar awal bulan oktober. Don't know what will happen next, just hope for the best :D

Business Head Interview ( 6 Oktober 2017)

Sekitar satu minggu sebelumnya dapet email ini buat prepare interview business head di menara BTPN. Kita dikasih tugas bikin presentasi di power point soal market visit yang sudah kita presentasikan di depan HRD sebelumnya. Di jadwal sih sebenernya 10 menit presentasi dan 5 menit tanya jawab, tapi ya jadinya molor lebih banyak waktu buat tanya jawab dan ngasih masukan. Presentasi dan interview semuanya full english, tapi pake Bahasa Indonesia juga gakpapa, yang penting bisa saling ngerti..
Kalo interviewnya nggak mengulang pertanyaan HR yang dulu, lebih mengejar tentang motivasi kita mendaftar bi btpn dan apakah kita bener" kandidat yang tepat buat jadi CAP di btpn. Personally I was confused how to answer those :D





Final Presentation & Interview ( 6 Desember 2017)

Finally, I get the chance to face the most deciding moment, which is Final Presentation and Interview with Broad of Director (BOD). Setelah menunggu kabar dari BTPN sekian lama, akhirnya Selasa, tanggal 5 Desember 2017 dapat email undangan BOD Interview besok. So, actually this is similar to the previous presentation, bedanya kita interview dengan manajer. Awalnya kita presentasi dulu 10 menit, lalu tanya jawab dan dilanjutkan dengan interview. Pertanyaannya tidak jauh berbeda, seperti apa saja yang telah Anda kerjakan semenjak lulus kuliah, melamar di perusahaan mana saja, apa achievement terbesar, challenge terbesar dan how to resolve it, etc. I was quite nervous at that time, and I really have no idea how the result will be.
Setelah selesai, dapet WA dari Mbak Ade (HRD yg interview aku dulu) dan ketemu dengan teman-temannya lalu diajak keliling kantor, and I must agree that the office is really cool!

Final Result
Selang sekitar satu minggu setelah BOD interview, akhirnya dapat email tentang pengumuman hasil interview.. dan hasilnya adalah saya tidak lolos CAP di BTPN :') Meski begitu saya masih kontak dengan business head BTPN dan sekarang saya bekerja di perusahaan dimana Bank BTPN menjadi salah satu klien kami.

Sungguh pengalaman yang tak terlupakan bagi saya dan saya mengagumi BTPN sebagai salah satu bank yang semakin maju dan berkembang.


Well, so far this is what I can share about my experience as CAP applicant. I’ll update my writing if I get the next opportunity.. Ciao

45 comments:

  1. mba, mau nanya kalau untuk game Yellow Hook Reef apakah kita bisa memainkannya berulang-ulang?

    ReplyDelete
  2. @soverani nggak bisa mbak, semuanya sekali main selesai

    ReplyDelete
  3. Mba, pas proses interview ada dikasih tugas gitu ga mba ke nasabah ataupun agennya? Nanti kita disitu ngejelasin tentang apanya ya mba? Saya ga ada background perbankan soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalah..ternyata ini Sove ya wkwkw. Maap jarang buka blog, prtanaanmu paling udh kujawab pas kita ktemu hehe

      Delete
  4. Selamat siang, saya ingin bertanya dokumen scan saat interview itu apa saja ya? saya ingin mempersiapkannya dari sekarang. siapa tau ada panggilan :) terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Application Form (attached)
      2. CV
      3. KTP
      4. NPWP (if any)
      5. Kartu Keluarga
      6. Academic certificate
      7. Academic Transcript
      8. BPJS Card (if any)
      9. Last Salary slip (if any)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Maksudnya application form nya itu terlampir di email. Kita tinggal ngisi data kita terus dikirim ksana, Mas udh sampe tahap apa?

      Delete
  5. Selamat sore, Mbak mau nanya untuk detail market observation itu gimana ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya observasi aja dari segi customer enggagement/ simple business model dari salah satu program btpn. Kalo aku nanya" gitu sama agen btpn trs hasilnya diceritakan, juga kita ngasih rekomendasi baiknya gmn..gt aja

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. baik Mbak terima kasih banyak infonya. mohon maaf Mbak, untuk interviewnya itu apa sudah menggunakan bahasa inggris?

      Delete
    4. Semuanya full bahasa inggris mas

      Delete
  6. "Pada game ini, saya sampai mengulang puluhan kali karena sulitnya mencapai level 20"

    Berarti gamesnya bisa diulang-ulang yah mbak sampai kita merasa puas buat di submit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. khusus segmen yang ini bisa ngulang, jadi cosmic cadet punya beberapa segmen game, nah yang ini kita bisa main terus dan diambil level tertinggi yang bisa kita capai. Untuk game nya ndak bisa diulang

      Delete
  7. Hi, aku baru nemu blog mba Diah nih dan kebetulan juga diundang untuk interview sama business head. Ada tips gak mba untuk mempersiapkan ditanya tentang aspek bisnis btpn wow/jenius? Apa business headnya bertanya banyak tentang detil2 finansial, atau return on investment, etc? Nervous karena background aku bukan di bidang itu. Makasih ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap kalo balesnya telat banget hehe.. Kalo business head interiew sebaiknya presentasinya bener-bener jelas, misal apakah mungkin rekomendasi kita bisa diterapkan di bisnis itu, keuntungan btpn apa, sebaiknya ada analisis SWOT & detil" lainnya.

      Delete
  8. Jadi yg visit mass market itu kita disuruh pilih salah satu aja yah mbak? yg BTPN WOW atau BTPN Genius?

    ReplyDelete
  9. Dear Mba Diah,

    Selamat telah lolos hingga tahap Biz Head Interview. Mohon untuk direvisi pada paragraf pertama, CAP itu kepanjanngan dari Corporate Acceleration Program.

    Terima kasih dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  10. Mbak setelah business head interview sudah ada kabar selanjutnya? Saya juga business head interview tanggal 6 okt. Kl ga salah jam 9.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bareng tanggalnya,dulu saya siang jam 2. Udah ada telpon sih baru selasa kemarin katanya msh susah nyari jadwalnya jadi blm dpt email

      Delete
    2. Wah bareng tanggalnya,dulu saya siang jam 2. Udah ada telpon sih baru selasa kemarin katanya msh susah nyari jadwalnya jadi blm dpt email

      Delete
  11. Trims sekali sharingnya, saya tes video call tanggal 18 Oktober 2017, trus diberitahu kalau lolos akan diemail atau dihubungi 3 minggu hingga 1 bulan kemudian. Mengacu pada pengalaman Mbak Diah berarti saya tidak lolos ke tahap selanjutnya, karena Mbak cukup 1 minggu untuk dikabari. Artinya saya boleh berhenti berharap. Tks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah kok malah berhenti berharap..belum tentu pengalaman saya bisa dijadikan acuan. Setiap calon punya pengalaman berbeda beda, mungkin belum mas

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  12. Terima kasi mbak infonya, jd tau apa aja yg hrs dipersiapkan untuk tes cap btpn hehe. Kebetulan aku br selesai tes asesmen games. Aku baca di blog lain, dia tulis setelah tes game dilanjutkan lgd dan interview hr, berarti mbak ga pake lgd ya? Terus setelah interview dg bod, tahapan selanjutnya apa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya tidak ada lgd, langsung interview hr, business head trs BOD. Setelah itu medical check up setau saya

      Delete
  13. Tks infonya mbak. One more question nih hehe sewkt wawancara unt tgs interview, mbak wawancara 1 agen saja atau lebih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu itu 1 sales, 2 agent. tapi semakin banyak semakin bagus

      Delete
  14. Hi Mba Diah, Congratulations! senang sekali bisa nemu pengalaman Mba Diah di tulisan ini. Aku termasuk kandidat yang ikut Biz Head Interview 29/11 kemarin hehe. Actually, I'm totally confused sih mba karena sebelumnya aku sempat di mentorin tapi saat presentasi biz head assessornya kurang suka sama hasil riset aku, jadi aku berharap yg terbaik aja hehe (curhat).
    Fyi, idea nya mba diah sempet dibahas lho pas aku persentasi hehe oke banget deh. Nah untuk maju ke next stage apa Mba Diah sudah di kontak lagi? Good Luck Yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo thankyou..semoga nanti kita lolos n bisa ketemu hehe. Wah padahal presentasiku dulu jelek sampe dikasih masukan bnyak banget hahhah. Masih belom ada kabar (soal jadwal next interview), tapi dapet email kalo lolos final interview sih. Kamu kalo lanjut nanti kabar" yaa :D

      Delete
  15. Halo mba diah.. Salam kenal aku Astarry.. mba mau nanya.. apakah mba sudah dapat kabar untuk tahap selanjutnya? aku juga ikut business interview untuk jadwal 12 oktober tp belom dpt kabar hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Astarry, udah dapat kabar kalo lolos bishead, cuman blm ada kabar soal tahap selanjutnya heheh. Kayaknya mereka lagi pada sibuk (mngkin krn akhir tahun), tunggu aja sambil berdoa :)

      Delete
    2. wahh congrats mbaa.. iyaa semoga aku juga lolos hehe..iya mba semoga nanti kita bisa ketemu hehehe

      Delete
  16. Hallo Diah.. Udah sampe' medcheck belom?
    Nunggu pengumuman finalnya kapan yak? Share kalau ada info.. Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Akbar, saya nggak sampe lolos ke medcheck karena terhenti di tahap BOD interview, jadi kurang bisa share soal ini :)

      Delete
  17. Hi, kak diah. Boleh tau nggak dulu waktu nulis essay isinya kyk gmn? Apakah pengalaman dalam mendapat beasiswa juga boleh dicantumkan? Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Esay aku dulu soal e-commerce, kebetulan aku dimintai ngajar e-commerce di daerahku biar bisa memajukan perekonomian warga secara online. Seingat saya dulu tidak mencantumkan beasiswa, tapi misal beasiswa Ade bisa mendukung di essay ya silahkan dicantumkan

      Delete
  18. Mbak mau minta saran berdasarkan pengalaman mbak di proses seleksi ini.
    Saya mendaftar di program CAP dan baru saja interview HR seminggu yg lalu. Kemudian ditawari untuk ikut program core. Tp dengan catatan drop di seleksi CAP.
    Perbedaannya core program 1 tahun dan untuk level manager or branch head, smntr CAP 5 thn untuk posisi above manager. Any solution which one should I choose?
    Thanks anyway :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih udah mampir blog saya. Untuk pilihan antara CAP atau CoRE, saya rasa kamu sendiri yang lebih tahu kiranya cocok ikut yang mana. Kalau dari HR mengarahkan kamu ke core, kemungkinan kamu lebih cocok disitu, tapi ya kembali lagi itu keputusan kamu untuk pilih level manager atau level eksekutif yg tentunya tuntutannya jg lebih berat.
      Maaf tidak bisa banyak membantu.

      Delete
  19. Kak mau nanya waktu saat game scorenya berapa ya???

    ReplyDelete