expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Friday, December 8, 2017

Pengalaman Interview di PT. Pungkook Indonesia One Wirosari



Pengalaman Interview di PT. Pungkook Indonesia One Wirosari

PT. Pungkook adalah perusahaan tas asal Korea yang berlokasi di Wirosari, Grobogan. Pabrik ini bisa dibilang cukup besar untuk pabrik yang berlokasi di daerah kecil seperti Wirosari. Disini saya ingin sedikit berbagi pengalaman saya ketika melamar kerja dan interview di PT. Pungkook Wirosari.


§  Kirim berkas lamaran (27 Desember 2016)
Saya mengirim surat lamaran dan beberapa dokumen pada 27 Desember 2016 lewat satpam PT. Pungkook. Dokumen lain yang saya sertakan antara lain: a) Curriculum Vitae, b) Foto copy Ijazah, c) Foto copy Transkrip Nilai, d) Foto copy SKCK, e) Foto copy KTP, f) Foto ukuran 4 x 6, g) Foto copy sertifikat lainnya. Saya adalah lulusan S1, dan dalam surat lamaran tersebut saya tidak melamar posisi secara rinci, hanya menyatakan kalau saya ingin mendapat info jika ada posisi yang mungkin bisa saya tempati.

Bagi kalian yang ingin melihat surat lamaran saya, bisa klik DISINI
>> Anda akan dialihkan ke link Adf.ly, tunggu 5 detik kemudian klik tombol "LEWATI" atau "SKIP AD" di pojok kanan atas, maka anda akan segera dialihkan ke halaman surat lamaran kerja. << 

§  Undangan Interview Pertama (31 Januari 2017)
Setelah sekitar satu bulan menunggu, akhirnya tanggal 31 Januari malam dapat sms dari HRD PT. Pungkook yang isinya mengundang saya untuk interview besok pagi. Pemberitahuannya cukup mendadak dan saya belum siap untuk interview besok karena keetulan hari itu saya ada acara lain. Akhirnya saya balas sms HRD tersebut untuk menunda interview dan dia pun menyetujuinya.








§  Proses Interview (11 Maret 2017)
Tepatnya tanggal 10 Maret saya dapat telepon dadakan lagi untuk kesediaan saya mengikuti interview di PT. Pungkook, dan saya pun menyetujuinya untuk ikut proses interview besok. Di hari H interview, ada 3 orang lain yang juga mengikuti proses interview. Setelah menunggu cukup lama di pos satpam, kami pun diajak masuk untuk interview dengan Mr. (lupa namanya hehe). Dia adalah orang Korea dan kami interview dalam Bahasa Inggris. Tapi ndak perlu khawatir, karena ada interpreter yang membantu mengartikan jika kita tidak memahami pelafalannya.

Bagi saya, ini adalah proses interview termudah yang pernah saya alami. Kami hanya perkenalan, dan cukup bercerita saja tentang diri kita, pengalaman kita. Beliau sangat ramah, dan mungkin itu yang membuat kita tidak nervous. Waktu wawancara pun sangat singkat, mungkin sekitar 15 menit, dan setelahnya kami diajak berkeliling oleh salah satu karyawan. Kami diajak ke tempat produksi, dan langsung dijelaskan tugas-tugas kami. Ternyata kami diarahkan untuk menjadi QA (Quality Assurance) dengan tugas utama mengecek konsisi produk yang berupa tas dan dompet.

Saya sempat bertanya mengenai pekerjaan disitu, katanya 3 bulan pertama adalah masa percobaan dan setelah itu kita sudah menjadi karyawan tetap. Mengenai gaji, bagi lulusan S1 pada waktu itu sekitar Rp 2,400K, dengan jam kerja Senin-Sabtu dan ada 2 shift yaitu shift pagi dan siang. Pada saat itu saya masih bimbang, dan ahirnya saya mengatakan kepada HRD kalau saya ingin bekerja di kantor yang berurusan dengan dokumen, khususnya dokumen eksport, mengingat saya lulusan Bahasa Inggris. Jadi, seketika itu juga kami sudah ditawari mau atau tidak, tapi saya menyatakan tidak dan berharap mendapat panggilan jika ada lowongan untuk posisi yang saya inginkan.

§  Panggilan Kerja (4 April 2017)
Tanggal 3 April 2017 saya mendapat panggilan telepon dari HRD PT.Pungkook tapi kebetulan saya sedang magang di Jogja. Bener-bener nggak tepat timingnya huhu. Saya juga mendapat sms yang berisikan bahwa besok saya harus sudah masuk kantor dan mulai bekerja, unfortunately, saya benar-benar tidak bisa dan akhirnya saya telpon beliau dan minta maaf karena belum bisa berangkat kerja. Padahal saat itu posisi yang ditawarkan adalah posisi yang sangat saya inginkan, well I guess I’m not destined to work in this company. 


32 comments:

  1. mbak boleh minta nomor yang bisa dihubungi.. saya juga mau daftar ke pungkook dan mau tanya tips dan trik kalo mbak berkenan. nanti bisa hubungi via email saya.. terima kasih mbak,

    ReplyDelete
  2. Kalo sekarang agak susah ya mbak. Mau masuk aja susah hehe. Ga dapat panggilan interview juga

    ReplyDelete
  3. Saya yg pribumi pun jg susah,bahkan sampai 4x naro lamaran

    ReplyDelete
  4. cerita pengalamannya sangat bagus .
    saran saya tolong di rapikan blognya, kayak wiget yang tidak di butuhkan .

    kalau ingin merubah template blogger saya saran kan di massugeng.id , dia sudah berpengalaman tentang dunia blogging.

    ReplyDelete
  5. Mbak saya mau tanya kerja dipungkook itu sistemnya kontrak atau bagaimana ?

    ReplyDelete
  6. Jos mbak, Mampir gonku mbak,
    Www.marketpulsadigital.com

    ReplyDelete
  7. Saya sudah 7x belum di panggil juga

    ReplyDelete
  8. Enter your comment...sekarang masih ada lowongan gak boss,lulusan smp bisa gak?trims...

    ReplyDelete
  9. Good Experience Kak, kita yang menginginkan tapi yang diatas yang berkehendak

    ReplyDelete
  10. Yg mau kerja di pungkook masih bnyak lowongan bagian operator silahkan titip lamaran sama karyawan pungkook utk dimasukan didalam bukan kotak lamaran yg diluar karena pengalaman saya masukan lamaran nitip karyawan ada yg dimasukan kotak lamaran dalam dan luar yang dapat panggilan yang kotak lamaran dalam

    ReplyDelete
  11. Yg mau kerja di pungkook masih bnyak lowongan bagian operator silahkan titip lamaran sama karyawan pungkook utk dimasukan didalam bukan kotak lamaran yg diluar karena pengalaman saya masukan lamaran nitip karyawan ada yg dimasukan kotak lamaran dalam dan luar yang dapat panggilan yang kotak lamaran dalam

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Gan dulu lamaran kerjanya di ketik apa tulis tangan?

    ReplyDelete
  14. Yg cowok bagian apa ya d pungkok???

    ReplyDelete
  15. Masih adakah lowongan krj buat cwo,pengalaman krj di PT.dmst 3 Plumbo bagian dinding jd operator dan sekarang doffer.

    ReplyDelete
  16. Bagi yang mencari lowongan kerja di pt sami jepara bisa cari info di gubuk ane gan

    ReplyDelete
  17. Pengalaman tes di pt pongkook ,saya dua kali tes untuk bagian staff ,yang diteskan adalah tes buta warna,tes matematika hitungan,tes nulis jati diri menggunakan bahasa inggris kalo lolos semua , 2 minggu akan di panggil kembali

    ReplyDelete
  18. Saya juga interview 2kalinya besok. Padahal saya apply bagian produksi tp malah dilempar bagian ME. Ada yg divisi ME ga ya disini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ME itu apa kak?kakak jurusannya apa?boleh kasih WA dong ka kita sharing

      Delete
  19. Kalo nglmar lewat email alamatnya apa mas?

    ReplyDelete
  20. ada yang bisa share mungkin saya Apply via Email, kira* brp lama ya panggilannya, suwun

    ReplyDelete
  21. Klo ijazah sd bisa gk kak

    ReplyDelete