expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Saturday, April 23, 2016

Azolla Mychrophylla, Pakan Ikan Alternatif


Azolla Mychrophylla adalah tumbuhan air yang sudah banyak dikenal sebagai pakan ternak bagi unggas dan ikan. Sudah banyak peternak yang membudidayakan azolla sebagai pakan alternatif karena memang perawatannya yang mudah, produktivitas tinggi, dan kandungan protein yang tinggi, serta kelebihan lainnya seperti fungsinya yang dapat menjernihkan air, membuat daging ikan yang memakannya lebih gemuk dan berisi.





Azolla dapat dengan mudah ditanam dimana saja, seperti kolam dari tanah, kolam dari plastik, hingga nampan. Yang perlu diingat hanyalah kebutuhan makannya saja. Azolla dapat tumbuh subur di air tempat hidup ikan karena ia menyerap kotoran tersebut dan menjernihkan airnya, tapi jika tidak ada dapat diberi pupuk TS. Yang lebih penting lagi adalah azolla harus mendapat sinar atahari yang cukup, karena dia akan lebih subur jika berada langsung dibawah sinar matahari, tapi jangan sampai berlebihan.



Untuk budidaya ikan herbivora, seperti nila dan gurami sangatlah tepat untuk memiliki tanaman ini. Karena dapat menghemat pakan jika produk azolla melimpah. Sekali menanam azolla, maka ia akan berkembang pesat dan dapat digunakan untuk berbagai pakan alternatif, termasuk ikan, ayam, bebek, kelinci, hingga kambing.




Kami sendiri mencoba membudidayakan azolla sekaligus membuat penelitian kecil terhadap pertumbuhan ikan gurami, dari seukuran korek api hingga sebesar di gambar berikut dalam kurun waktu sekitar 3,5 bulan. Padahal pertumbuhan ikan gurame terkenal lambat, akan tetapi dengan mengkonsumsi azolla, pertumbuhannya dapat berkembang baik dan normal tanpa pakan tambahan.



Bagi anda yang tertarik untuk memulai budidaya azolla mychrophylla, dapat diihat DISINI atau DISINI. Terima kasih
See more at:
Facebook: Sumber Daya Samudra
YouTube: Sumber Daya Samudra
Instagram: azola_purwodadi
No HP      : 085325270439

No comments:

Post a Comment